Minggu, 15 Maret 2015

Gak Aktif...? Gak Gaul...!

0 komentar




Gak Aktif..?? Gak Gaul….!! 
Oleh : Jukhri Syahputra Bancin


Salam jumpa lagi kawan-kawan bersama saya yang kekurangan ilmu, hehehe (makanya belajar…!!).
Ok sobat kali ini saya beri judul tulisan ini Gak Aktif..?? Gak Gaul…!! Tapi saya akan menjabarkannya menjadi Hal-hal yang dimiliki aktifis dakwah sekolah/kampus. Mengapa saya mengambil dakwah..?? karena sebagai seorang muslim kita harus berbuak kebajikan dengan menbarkan benih-benih kebaikan melalui dakwah dan melawan kemungkaran dengan berdakwah juga. Sipppss Sudah jelas bukan..?? ok langsung saja ……

Menurut study tips, ada 4 hal yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh seorang aktifis dakwah untuk meraih kesuksesan dalam sekolah maupun saat berkuliah,,,  Apa saja..??  yuk baca sampai habiss…., tapi jangan sampai tertelan ya….. hehehh :D
  1. Mangement waktu.
Ini bukan sekedar berapa banyak waktu yang anda habiskan untuk mempelajari sesuatu pada saat disekolah maupun dikampus, tetapi yang anda dapat selesaikan selama waktu tersebut. Menghabiskan waktu berjam-jam, hingga hampir semua orang menghabiskan 40 jam untuk mempersiapkan ujian dan hanya meraih nilai 60 atau mendapatkan C tentu hanya membuang-buang waktu saja.,. tugas kita sekarang bukan begitu, dimana ada ujian disitu kita belajar,,, tetapi tugas kita adalah mengembangkan perencanaan study dan belajarlah dari sekarang jangan tunggu ujian datang, mengelola waktu dengan efektif untuk mengoptimalkan hasilnya. Pepatah mengatakan “Waktu adalah pedang  So.., gunakan lah waktu dengan benar, apabila salah menggunakan waktu, maka waktu yang dianggap sebilah pedang tersebut akan bertindak sebagai musuh kita,. Ada juga pepatah mengatakan “time is Money” waktu itu adalah uang,, So,,, jika kita tidak menggunakan waktu kita dengan baik dan benar maka uang akan lari dari kita atau menjauhi kita (yee dikire uang punya kaki kali ye…!!)

So,, Sobat mari kita gunakan waktu kita untuk mencapai sebuah kesuksesan,, jangan sampai waktu yang menggunakan kita....!!

  1. Motivasi
Jika anda semua tidak termotivasi dan dimiliki sikap yang buruk, sesi dalam belajar anda tidak akan produktif. Anda hanya memiliki satu kesempatan untuk melampau ujian geometri atau menyelesaikan makalah. Ambil waktu dalam sehari dimana anda dapat memperoleh motivasi yang luar biasa untuk menyiapkan tes, menulis dan menyelesaikan masalah.
  1. Konsentrasi
Kemampuan untuk berkonsentrasi adalah salah satu keahlian belajar yang penting untuk dikembangkan. Anda tidak akan selalu berada dalam ketenangan suasana atau menghabiskan waktu sebanyak mungkin untuk menyelesaikan suatu tugas nanti.
Belajarlah cara-cara untuk mengatasi gangguan sehingga anda dapat memfokuskan seluruh perhatian pada study anda. Untuk dapat fokuskan study anda, anda harus melakukan hal-hal seperti : rajinlah sholat malam (tahajjud), perbanyak baca alquran (jangan sampai dalam sehari kita tidak membaca alquran), perbanyak infaq (sadaqah), dan jangan lupakan sholat 5 waktu. Insya allah konsentrasi anda tidak akan terganggu lagi,,, karena anda dekat dengan-NYA.
  1. Sikap tak malu bertanya saat ada kesulitan
Jika anda tidak yakin atau belum faham dengan suatu topik, jangan pernah malu bertanya, bertanyalah pada guru/dosen anda, pada keluarga anda, serta pada teman anda yang dapat mengerti dengan perasaan yang anda alami saat ini.
Penting untuk mengenal dan menyelesaikan suatu masalah sesegera mungkin. Dilain sisi, anda memiliki waktu lebih bnyak untuk bisa mempelajari hal-hal lainnya,

Leave a Reply

Labels