Senin, 23 Maret 2015

Katanya Subulusalam kota Wisata..??

0 komentar

Oleh : Jukhri Syahputra Bancin
Assalamu’alaikum wr wb…
            Malam Guys…!! Jumpa lagi dengan saya, tak bosan kan..?? heheeh. Ok.. Kali ini saya akan ngeposting mengenai kota saya, yeaa kota kelahiran saya. Mungkin pada penasaran kan..??
Nah langsung aje ye…!!
            Subulussalam Adalah Salah satu kota di Provinsi Aceh, Indonesia. Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 8 tahun 2007, pada tanggal 2 januari 2007. Kota ini adalah pemekaran dari kabupaten aceh singkil. Subulussalam terdiri dari 5 Kecamatan dan Sekitar 74 Gampong (desa). Hingga Akhir 2014 jumlah penduduk di kota Subulussalam sekitar 87.316 Jiwa.

            Nah, Sudah tau kan sobat-sobat, bahwa subulussalam anak bungsu nya provinsi Aceh. Heheh. Belum selesai sapai disitu mengenal subulussalam loh. Subulussalam adalah kota yang sangat banyak potensi daerahnya diantaranya
1.      Pertanian yang menjulang luas berupa karet, sawit, padi, dan masih banyak potensi dibidang pertanian,
2.      Pertambangan
Terasa gak percaya ternyata subulussalam sangat banyak potensi pertambangannya yang sama sekali belum terjamah oleh tangan-tangan manusia, sungguh luar biasa bukan..?? diantara pertambangan yang ada di kota subulussalam ialah : Seng (Zink), Besi, Emas, Perak, Batu bara, dan lain sebagainya.. Pokoknya Wahh lah sumber Alam Kota Subulussalam
3.      Wisata Alam
Nah. Ini dia yang kita tunggu-tunggu Wisata Alam. Nyesal deh kalau kawan-kawan hanya lewat ke kota subulussalam, karena wisata Alam kota subulussalam masih terasa Alami dan menyejukkan. Penasaran kana apa-apa saja sih wisata subulussalam..?? nih dia diantaranya :
a.       Air Terjun SKPC
Wisata Air terjun ini Terletak di daerah Penanggalan, kecamatan penanggalan (tidak jauh dari rumah penulis ye.. heheheh)
b.      Wisata Penuntungan
Lah, ini wisata tidak kalah indah lagi dari Air Terjun SKPC, kalau hanya satu dikunjungi mah, rugi pisan euyy.. jadi klau berkunjung itu jangan nanggung-nanggung yah.. hheh. Sungai ini juga tidak jauh dari tempat tinggal penulis, lebih kurang 15 menit dah. Lokasi wisata ini terletak di desa Lae Mbersih kecamatan Penanggalan.

c.       Air Terjun Kedabuhan
Lah kok di subulussalam ada 2 air terjun ya..?? Maka dari itu kawan-kawan jangan cuman numpang lewat yo..!! telusuri semua sampai keplosok plosoknya. Heheh. Air terjun kedabuhan atau dalam bahasa Indonesia “air terjun berjatuhan”. Hahah bukan orang-orang pada berjatuhan ya, jangan salah arti. Air terjun ini terletak tidak jauh juga dari tempat penulis, kira-kira 20 menit. Yaitu di desa Jontor Kecamatan Penanggalan.


d.      Jembatan Rundeng
Lah, kok jembatan dijadiin wisata sih..?? apa hebatnya ya..??
Mungkin kawan-kawan bertanya-tanya akan hal ini kenapa jembatan dijadiin wisata emang apa keindahan dari jembatannya…? Maka dari itu saya akan menjelaskan bahwa jembatan rundeng ini banyak pengunjung nya karena panorama alam nya yang indah. Melihat para nelayan mencari nafkah terasa mata ini berkunang—kunang euyy..!. Lokasi jembatan ini ialah berada di kecamatan Rundeng. Ya kira-kira 40 menit lahi dari rumah penulis.
e.       Arung jeram Lae Kombih
Nah, kawan-kawan bukan cuman dibandung aja ada arung jeramnya. Disubulussalam juga ada loh arung jeram nya. Tidak kalah dahsyat deh dari yang dibandung. Penasaran kan..?? makanya nyookk bekunjuang  ke subulussalam. Ora nyesal deh…!. Lokasi dari Wisata Arung Jeram ini berada di desa Sikelang kecamatan Penanggalan.


f.       Alam Indah Pendulangan
Irigasi Bahorok merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kota Subulussalam. Objek wisata ini digolongkan objek wisata alam dengan keindahan sungai yang mempunyai arus kategori sedang. Pepohonan yang masih rimbun disepanjang aliran sungai menambah kesejukan dan keindahan alam Bahorok untuk di nikmati. Selain mempunyai aliran sungai yang jernih, di lokasi objek wisata juga dapat dijumpai satwa-satwa liar yang tidak berbahaya seperti monyet dan burung-burung yang hinggap dari satu pohon ke pohon lainnya.

g.      Wisata Religi Makam Syeh Hamzah Fansury
Wah wah,,, Disamping panorama Alam yang indah subulussalam juga di suguhi wisata Religi seorang ulama tasawuf dari negeri Malaya. Gak nyangka ya, walaupun kota kecil tapi makam ulama terkenal ada di kota ini. Makam Syech Hamzah Fanshury terletak di Desa Oboh Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam.

h.      Wisata religi Situs Makam datuk Sultan daulat Sambo
i.        Situs Meriam kuno oboh Peninggalan Kolonial Belanda

Luar biasa bukan?? Kota subulussalam nan indah kota yang selalu dapat dikenang dan selalu berada dalam hati yang paling dalam (Lebay.com) heheh .

4.      Perikanan
Bukan hanya pertanian dan prtambangan aja yang ada disubulussalam. Berbagai budidaya perikanan yang ada disungai-sungai subulussalam sangatlah berlimpah.

Nah, Sobat-sobatku yang budiman itu lah seputar kota subulussalam, kota yang kami cintai dan kami kenang. Bila kalian bekunjung kami nak hantar dimana kamu inginkan. Jadi jangan risau jika kesasar. Heheheh

Sampai disini dulu ya kawan-kawawn mengenai kota subulussalam ini. Semoga tuan dan puan sentiasa bekunjung dikota kami ini.

           

Leave a Reply

Labels