Sabtu, 14 Maret 2015

Masalah Dalam Pembelajaran

0 komentar


Assalamu’alaikum wr wb......!!
Apa kabar rekan-rekan semua, semoga kawan-kawan semua selalu dalam lindungan Allah SWT selalu tentunya. Alhamdulillah akhirnnya kembali kembali berjumpa dengan postingan saya yang berbeda dengan tema yang baru, semangat yang baru, dan tentunya juga aktifitas yang baru yang luar biasa....!! hehehheh
             Oh iya... kali ini saya sedikit membagi tips buat rekan-rekan semua, mungkin kawan-kawan semua udah pada pernah dengar atau pernah dipos oleh orang lain, eittss jangan salah ini adalah deskripsi saya sendiri tanpa plagiat dari orang. Mungkin ada kesamaan tapi pasti banyak perbedaan. heheheh . dan saya hanya mengulang kembali tips ini. Dan semoga kita bisa mengaplikasikannya dikehidupan kita. Aminnn... amin ya rabbal ‘alamin....
            So, judul kali ini sayaangkat dari sebuah seminar atau yang sering kita sebut dengan Kuliah Umum yang dibawakan oleh seorang yang begitu luar biasa bagi saya karena memberikan motivasi yang cukup Amazingg, waaww luar biasa bukan..??? . nama beliau adalah Prof. Ir. DR. Sha’ri Mohd. Yusuf, Beliau adalah seorang Dosen disalah satu Negara tetangga kita sendiri Loh  yakni di Universitas di Jiran yaitu University Of Teknology Malaysia (UTM) kala itu beliau membawakan tema “How to Excel as a Student and in Life” sungguh luar biasa bukan....??
            Eittsss  tunggu dulu Disini saya tidak menjelaskan apa yang disampaikan beliau dengan  panjang lebar mengenai tema yang dibawa beliau, saya hanya cukup mengambil point yang penting saja, yang begitu berarti bagi saya dan bagi teman-teman tentunya. Saya mengambil judul ini karena saya juga pernah mengalami hal yang di terkemuka di judul ini. Judulnya adalah “CAUSES OF PROBLES IN LEARNING (Penyebab Masalah dalam Pembelajaran)

            CAUSES OF PROBLEMS IN LEARNING
(Penyebab Masalah dalam Pembelajaran)
Oleh : Jukhri Syahputra Bancin

            Seiring berjalannya globalisasi dan arus pembelajaran yang kian begitu terhambat oleh faktor-faktor yang memicu dalam hal belajar mengajar. Didalam pembelajaran yang kita jalani baik dilingkungan Sekolah, Kampus, atau ditempat belajar seperti privat dan sebagainya tak jarang kita sering mengalami masalah dalam belajar. Didalam masalah ini penyebab-penyebab yang sering terjadi ialah :

1.      Poor Time Management (Pengaturan waktu yang sangat Lemah)
Waktu dalam sehari (Siang dan Malam) terdiri dari 24 jam. Dalam hal ini kita membagi waktu yang 24 jam itu menjadi 4 bagian  sesuai riwayat. Yakni : untuk Ibadah, bekerja (mencari nafkah), keluarga, dan diri sendiri.
Maka dalam melakukan suatu pekerjaan kita perlu ahli dalam memenej waktu kita secara sempurna. Jangan sampai waktu 24 jam yang Allah berikan kita gunakan dengan sia-sia atau dengan kata lain tidak efektif. Didalam Alqur’an Allah sangat menegaskan tentang masalah waktu ini, seperti yang terdapat disurah al-Ashr .
Demi waktu, sesungguhnya manusia benar-benar dalam kerugian
Didalam ayat tersebut Allah bersumpah dengan nama waktu, bahwa apabila manusia tidak menggunakan waktunya dengan sungguh-sungguh maka benar-benar mereka dalam keadaan rugi besar.
Dalam kehidupan para sahabat waktu sangat berharga. Mereka sangat memuliakan waktu mereka. Seperti halnya dikatakan olh Hasan Al-Basri “Para sahabat lebih memuliakan waktu sore dari pada siang maka disunnahkan pada waktu tersebut untuk bertasbih dan beristighfar”.
Banyak pepatah mengatakan waktu “Waktu adalah pedang”, jika kita tidak mampu mengendalikan pedang tersebut, bisa jadi tubuh kita yang akan disayat. Begitu juga dengan waktu jika kita tidak dapat menghandle waktu kita, maka waktu yang akan menghandle kita.

Ambil waktu untuk bekerja, karena waktu adalah harga sebuah keberhasilan

2.      Lack of Discipline (Kurangnya Kedisiplinan)
Penyebab yang kedua adalah Lack of Discipline. Apabila kita tidak memiliki etika dalam diri kita terhadap guru-guru, baik disekolah, kampus, atau diluar dari itu, yang memberikan suatu arti pembelajaran ilmu. Maka ilmu yang diberikan oleh mereka hanya sia-sia belaka, sama halnya kita membuang waktu kita kalau kita tidak gunakan secara efisien.
Coba bayangkan jika kita berada pada posisi mereka, apakah kita mampu mngendalikan emosi kita karena hal sepele dikarenakan tidak menghargainya. Problem kedua ini sangatlah susah untuk kita temukan didalam diri seorang mahasiswa ataupun siswa. Mengapa demikian..?? tentunya kurangnya perhatian orangtua terhadap anaknya bagaimana attitude/ etika anaknya diluar sehingga anaknya kurang disiplin. Kita sebagai seorang yang berpendidikan tentunya tidak jauh dari etika layakya seorang yang berpendidik. Kita disekolahkan untuk mengubah tingkahlaku kita.

3.      Lack of Study Skills (Kurangnya pembelajaran keahlian)
Masalah ketiga ini sangat sering kita alami dalam proses belajar mengajar. Kita sering kali tidak peduli dengan keahlian kita sendiri, sehingga apa yang kita peroleh nantinya tidak maksimal. Sering banyak kita temui cara berpikir mahasiswa jauh dari rasional. Contohnya saja dalam penentuan tujuan akhir atau tamat kuliah. Ketika kita bertanya pada mahasiswa mengnai apa tujuan dia kuliah..? rata-rata mahasiswa menjawab mengejar ijazah, nilai atau sejenisnya. Padahal itu tidak lah penting ketika tamat nantinya. Hal yang terpenting yyang harus kita ubah dalam diri kita adalah pola berpikir kita (mindset) menjadi yang rasional.

4.      Thingking Skills
Disamping kita ahli dalam pembelajaran, kita juga ahli dalam berpikir bisa. Jika dari awal kita berpikirnya tidak bisa, maka seterusnya akan tidak bisa juga. Siapa bilang orang tuli seperti Bet Hopen yang musiknya begitu indah mampu menggempur dunia ini. Siapa bilang orang idiot tidak bisa berbisnis online hingga puluhan juta rupiah. Apakah dengan seluruh kelemahan yang kita miliki kita merasa tidak mampu..??
Sungguh pertanyaan yang tidak masuk logika. Kebanyakan orang berhasil bukan timbul karena ia gagah, cerdik, sempurna atau yang lain-lain, kebanyakan meraka adalah serba kekurangan. Mereka lebih banyak kekurangannya dari kita, tetapi kita kita selalu berpikir tidak bisa melakukannya..?
Intinya adalah jika kita berpikir untuk bisa pasti akan bisa, tetapi sebaliknya jika kita merasa itu berat  bagi kita, yakinlah pasti tidak akan pernah bisa. Berbagai kasus sering kita dengar seperti “itu bukan keahlian saya,,,?” “Sungguh rumit soal-soal yang diberikan guru ini” padahal dari keseluruhan kasus dia tak pernah mencoba walaupun itu salah. Cobalah untuk selalu tidak menilai hal yag rumit kita rasa  kita bisa perpikir untuk bisa. Yakinlah dengan kelebihan  kita dapat menutupi semua kekurangan kita.
Tugas kita disini bukan untuk sekedar berhasil, namun tugas kita adalah untuk mencoba dan mencoba. Karena dengan mencoba ada kemungkinan utnuk berhasil.
“setiap persoalan pasti ada jalan keluar”
“setiap masalah pasti bisa diatasi”
Jangan pernah mengatakan “Wahai Allah Masalah itu Besar, Tetapi katakanlah dengan lugas Wahai masalah Allah itu sangatlah Besar” 
“Not Trial & Error but Trial & Learn”
Selalu lah berpikir untuk bisa...

            Nah, sobat-sobat semua dah pada tahu kan masalah-masalah sering kita alami dalam belajar..?? saya bukan lah mengajari sobat-sobat semua saya hanya berbagi tips yang mungkin bermanfaat bagi sobat-sobat yang lagi menempuh pendidikan…,
            So, jika ini berguna bagi sobat-sobat semua, yukk kita bagi ke sobat-sobat yang lain, supaya kita mengubah pola piker kita sama-sama. “Indahnya saling berbagi” bukan..??? hhehe :D :D :D

Moga Sukses Selalu buat Kita...........
Salam Perjuangan..........


Leave a Reply

Labels